Keluh Kesah Menjadi Seorang Wanita

by - 00.25

Seeelamat malam menuju dini hari!

Wahhh gue nggak ngilang sampe setahun. Alhamdulillah, masih inget kalo punya blog. Di luar hujan, tapi nyamuk di rumah gue pada neduh kayaknya nih biar nggak kebasahan. Makanya rame bener. Kalo dipikir - pikir, gue kepingin nge-blog tu kenapa selalu pas dirubung nyamuk ya......

Perebutan posisi juara ketiga Piala Dunia dimenangkan oleeeeeeh Belgia!! Wah Mas Hazard dengan segala keseriusannya yang tampan dan menggoda berhasil mencetak gol di menit ke 60 ((kalo nggak salah)). Gue sebenarnya nggak mihak tim mana - mana, jadi mana aja yang menang gue seneng. Sama kayak besok nih final, tapi karena di Perancis ada pemain guanteng pol jadi kayaknya hati akan berpaling pada mas - mas Perancis... ihihihihihihihi~

Jadi setelah gue nonton pertandingan Piala Dunia, kebetulan ada suatu kejadian yang bikin gue pingin nulis supaya uneg - uneg ini segera keluar. Kejadian yang baru saja terjadi memancing pikiran gue untuk mengingat kejadian - kejadian lama yang sudah gue coba kubur dalam - dalam, tapi nggak hilang - hilang juga. Kali ini tentang perasaan gue sebagai seorang wanita, taaaapi nggak ada hubungannya sama  cinta - cintaan :))

Duluu, duluuu banget, jaman gue SD, SD gue itu kan di dalem komplek. Dan kebetulan setelah pulang sekolah gue nggak pernah langsung dijemput. Mau naik angkot masih takut, naik ojek mahal dan jarang juga, terus belum ada jasa ojek online. Tapiii, gue punya budhe yang tinggal di komplek yang sama. Jadi pas pulang sekolah gue jalan kaki ke rumah budhe gue dulu, istirahat di sana sampe sore. Sekitar jam 4 atau 5 (kadang malah malem) gue baru dijemput.

Jarak antara sekolah ke rumah budhe gue juga nggak gitu jauh, 700 m lah kira kira. Dan pas jalan pun gue nggak sendiri, berdua sama temen gue yang rumahnya deket rumah budhe gue. Dan pas SD kebetulan gue pake jilbab (tapi kerdus, nggak kaget lah ya) karna gue kan pindahan ke SD gue yang ini, sebelumnya gue di SD Islam yang notabene nya hampir semua murid perempuan pake jilbab, jadinya gue masih kebawa sampe ke SD gue yang baru. Temen gue yang gak pake jilbab pun juga roknya pendek selutut, baju juga gede dan yaelah kalo ngomongin baju mah udahlah nggak ada menarik menariknya. Muka gue juga masih muka bocah dongo ingusan, temen gue juga muka muka polos, tapi kita berdua seriiing banget yang namanya di catcall.

Itu gue SD loh, dan gue masih inget sampe sekarang. Yang sama tukang becak lah, sama mas - mas nganter galon lah, sama  mas - mas pick up, sama tukang ojek pun juga kalo memang ada ojek pangkalan. Dulu gue galak banget nyet. Sumpah. Setiap kali gue digodain gitu, gue selalu ngebales ngomong, misalnya "neng pulang kemana? mamang anterin aja yuk" gue bisa bales "apaan sih! gausah iseng deh lo!" dan itu tanpa hasrat takut, tanpa ada pikiran kalo gue bales ngomong gue bakalan diapain, dan gue gak diajarin siapa - siapa buat bales ngomong. Yang gue inget, gue udah terlalu sering digituin jadi kesel banget dan bawaannya pengen ngomong balik.

Suatu hari gue cerita ke budhe gue soal ini. Gue cerita kalo gue digodain tukang becak, trus gue bales ngomong. Budhe gue ngerespon yang pada intinya gue gak boleh ngomong bales dengan nada jutek gitu. Selain gue bakalan di cap jutek, judes, atau galak (bodo amat sih sebenarnya kalo ini) yang paling mengerikan adalah takutnya gue malah makin diapa - apain setelah gue ngomong gitu. Ya yang namanya bocah gue gak langsung nurut tuh, beberapa kali digodain gue masih suka ngomong balik, bahkan sampe SMP.

Pas SMP sampai lah di masa di mana gue harus belajar naik angkot. Karena kalau ngandelin dijemput, atau naik ojek, gue nggak mandiri - mandiri. Dan biar hafal rute jalan juga. Kebetulan jarak antara rumah gue ke SMP tuh jauh, rumah gue di Tangerang Selatan, sekolah di Pondok Pinang (Jakarta Selatan) yang mana gue harus naik turun angkot sekitar 4 kali. Di SMP pun juga gitu, beberapa kali digodain tukang ojek lah, mas - mas lagi nongkrong di warteg lah, segala macem. Di tambah gue naik angkot, makin sering aja tuh abang angkot terutama yang bukan angkot tujuan gue lewat segala pake ngegodain. Makin sering aja gue ketemu supir truck atau pick up yang kerjaannya nyiulin gue sama temen - temen gue yang lagi diri di pinggir jalan nungguin angkot. Makin geram lah gue bawaannya kalo digodain gitu. Beberapa kali gue seringgg banget ngomong balik cuma sekedar "apaan sih", cuma temen - temen gue selalu ngomelin gue abis itu, bilang kalo ngomong balik malah micu abangnya makin seneng godain, atau takut diapa - apain abis itu. Akhirnya gue mulai berenti bales ngomong.

Masuk SMA itu gue udah mulai nggak nanggepin orang - orang iseng yang suka catcall. Dan yaa, selama itu gue merasa baik - baik aja. Nggak nanggepin, cuekin aja. Orang kayak gitu emang banyak kan, anggep aja orang gila. Sampe pada suatu ketika, gue lagi nungguin bokap gue jemput setelah gue les. Gue les ini memang sampe malem, dan bareng sama bokap gue yang pulang kerja, jadi sekalian jemput biar pulangnya bareng. Tempat les gue tu di pinggir jalan kan, otomatis rame. Gue pun kalau mau keluar dari tempat les cuma sekedar nyebrang beli pempek, atau ke tukang fotocopy gitu ya berani - berani aja wong rame, dan jaraknya nggak terlalu jauh sama tempat les. Tapi ya ampun, emang deh, kejadian ini nggak akan pernah luput dari pikiran gue sampe kapan pun.

Gue lagi jalan ke tempat fotocopy-an. Udah malem emang, tapi malem nya pun nggak yang di atas jam 9, astaga. Jam 7 atau jam 8 lah. Gue jalan, sendiri, di pinggir jalan. Baju? Gue masih pake baju seragam yang udah bau keringet seharian, muka lusuh, rambut berantakan, capek lah pokoknya. Gue segala gendong tas ransel yang gede karna maksud gue bokap biar sekalian jemput di sana. Gue jalan lah sendiri, awalnya masih kalem.. kalem... sampe gue ngelewatin gang sempit.... yang ada tongkrongan cowok cowok lagi ngumpul :)

Ini feeling gue udah gak enakkkk. Dan bener aja pas gue lewat, ini satu biji tereak "eh ada neng! bagi nomornya dong!" Ahhhhhhh kutu kasurrrrrrr ngapain siiii. Gue pikir udah nih sampe situ aja, pas gue jalan ngelewatin itu gang...  DIA NGINTIL DI BELAKANG. Yaaa Gustiiii segala ngikutin gueee. Ini pertama kalinya seumur hidup gue digodain yang sampe sebegininya. Doi ngintilin aja di belakang kayak ekor, nanya mulu sampe kering. "Neng namanya siapa? Ih sombong banget gak mau nengok." "Neng bagi dong nomornya, biar tau namanya." "Sombong banget ih." Itu demiapapun kalo sampe dia nyentuh gue, gue mau teriak trus gue tendang onderdilnya bodo amat sampe gak bisa reproduksi

Gue udah takut banget lah itu, mana dia ngikutinnya sampe gue nyampe di tempat fotocopy. DOI BERENTI JUGA AKHIRNYA. Buset gue udah keringet dingin, muka gue yang pucet tambah pucet kali ya, mas mas kang potokopinya sampe nanya "neng gapapa?" buset mas kalo saya bisa ceritain mah saya mau, tapi ini udah lemes bener kayak ager - ager. Di situ gue mulai berfikir, itu gue gak bales ngomong apa - apa loh, tapi somehow malah menarik perhatian si kutu kasur malah makin penasaran dan malah jadi ngikutin gueee. Gue ngomong balik salah, gue diem aja salah, trus gue harus gimanaaaaaaaaaa

Nyokap gue pun akhirnya memberikan alternatif lain yaitu semprotan paprika, beli di onlen shop. Padahal bikin sendiri juga bisa tp mager aja ini keluarga. Dari kejadian itu gue jadi parno setelah les keluar sendiri, apalagi kalo ngelewatin itu gang. Asliiiii ini kejadian nggak pernah ilang dr benak gue dan bawaannya parno terusssss.

Gue kadang suka mikir gue aja yang cuma sekadar diikutin dari belakang, di catcall nggak ada habisnya, bisa sampe parno sebegini lamanya. Gimana perempuan - perempuan lain yang mengalami hal yang lebih parah? Yang bahkan gue aja gak bisa bayangin gimana kalau itu terjadi sama gue. Salut sih sama perempuan - perempuan di luar sana yang berani untuk ngomong, untuk lapor, dan pada akhirnya punya rasa keinginan untuk melawan rasa takut yang bikin mereka jadi lebih kuat dan berani. Sangat sangat salut.

Gue sebagai perempuan yang udah nggak bisa di hitung jari berapa kali sudah di catcall, berharap dengan dengan saaangat sangat besar untuk mas - mas yang di luar sana mbok ya berhenti.. Emang masnya pikir itu lucu? Masnya pikir kami para perempuan itu senang, merasa tersanjung kalau dipanggil - panggil gitu? Bikin risih iya. Belum lagi muncul rasa ketakutan, rasa ketidaknyamanan yang bahkan beberapa perempuan sampai takut untuk keluar rumah sendiri. Ketika gue mulai ngerantau, orang tua gue, khususnya, dan beberapa temen nyaranin gue untuk jangan pernah pulang malem sendiri. Tapi kan nggak bisa gitu selamanya gitu lho, ada saat - saat di mana urusan ya cuma gue doang, gak ada hubungannya sama orang lain. Kalo kayak gitu gimana kalo gak pulang sendiri?? Nginep nunggu besok?

Perempuan - perempuan juga pingin lho, jalan di luar sendirian dan merasa aman. Sayangnya gue pribadi sudah sangat jaranggg merasakan apa yang namanya aman ketika berjalan seorang diri. Mbok ya biarin perempuan - perempuan tu jalan lewat tanpa harus dipanggil - panggil, tanpa harus digodain, biarin aja kami jalan sesuka hati kami, toh kami memang kenapa sih, ganggu apa kami itu sekadar hanya berjalan saja?

Begitulah pokoknya. Gue merasa sangat prihatin dengan lingkungan luar rumah saat ini. Sampe sekarang kejadian itu masih sering saya alami. Cuma lebih bodo amat aja ngadepinnya. Sampai kadang emosi pingin gitu sekali kali kalo digodain, pegang leher masnya dari belakang trus jedotin ke meja, "IYA APAAN?! LO MANGGIL MANGGIL TU NGAPAIN?! NANG NENG NANG NENG" trus patahin tu leher.

Mending kalo cuma mas - mas pinggir jalan, sekarang tuh ada ojek online juga masnya sempet beneeeer nyimpen nomer pelanggan trus di WA. Apa gak di SMS. Hadeeeeh maaas sempet beneer ye belok belok nyari cewe. Kejadian pernah terjadi juga di gue, masnya nge WA sekali trus gak gue gubris, WA lagi kedua kalinya deeengan bahasa yang tidak senonoh :)) dan dia sampe tau gue kuliah dimana. Disimpulkan bahwa ni mas - mas pernah nganter gue ke kampus lebih dari sekali. Langsung gue block.

Entah di negara lain gimana, tapi kalau di negara kelahiran gue sendiri, rasa 'aman' khususnya buat perempuan tuh udah jauh lah. Udah jauh, jarang banget dirasain sama perempuan. Disabar - sabarin juga tu orang - orang gak tau diri makin ngelunjak. Gue cuma bisa ngasih semangat antar sesama perempuan, yang pernah ngalamin kejadian yang sama, bahkan lebih. Kalau keadaannya kayak gini, kita cuma bisa dukung satu sama lain. Bagi perempuan manapun, yang pernah mengalami pelecehan gue saranin untuk berani lapor. Bicara. Ngomong. Jangan dipendem. Gue tau nggak akan semudah itu untuk bicara, tapi gue juga yakin bahwa dengan ngomong, justru perasaan akan lebih lega dan Insya Allah ada jalan keluar. Para kutu kasur kalo udah ngelunjak dan didiemin malah makin merdeka, harus dikasih racun biar pada kepites semua sekalian!!!

Kalo ngomongin gini nggak pernah nggak berapi - api. Semangat untuk kalangan perempuan!! Semoga suatu hari nanti kita bisa merasakan yang namanya aman sepenuhnya! We deserve it!

You May Also Like

0 komentar