A Journey of Self-Acceptance : Kulit Mengulit~

by - 00.39


Seeeeeeelamat malam semuaaaa~

Sebenernya nggak malem malem banget seh. Tapi kalo dibilang pagi juga kayaknya belum pas. Apa kabar semua?? Semoga selalu sehat dan berada dalam lindungan-Nya ya~ jam jam segini nih biasanya jam jam perut keroncongan, padahal makan malem udah. Makan siang udah. Sarapan juga. Lengkap lah pokoknya. Kalo kata beberapa sumber bilang sebisa mungkin jangan makan tengah malem karna kalorimu tidak terbakar alhasil jadi nDuD,,, pun jika sudah tidak tahan dan ingin makan, makan makanan yang ringan ringan! Kayak sayur, buah~ tapi kan kurang sedep gituh. Lebih enak makan hokben, nasi liwet, atau nasi ayam kari bungong jeumpa...

Tapi beberapa sumber juga tereak tereak bilang, "nggapapa!! makan aja!! ngga ada salahnya kok makan tengah malem! kalo laper ya memang harus makan, itu manusiawi!!! ngga usah mikirin gendut atau ngga, pikirin dirimu sendiri yang laper!!"

:( jadi diomelin aing

Tapi gw memutuskan untuk nggak makan karena bukannya apa, gw nggak berani ambil makanannya keluar hahahahahah :( aselikkkk serem banget kalo keluar depan pager ambil makan jam seginih! Sepi gelap gitu lingkungan kostan gw. Mending tidur aja dah bangun - bangun pagi, makan sampe begah.

Ngomong ngomonggggg, gw mau share salah satu perjalanan hidup gw yang kalo menurut gw sih menarik untuk diceritakan yak wakakakkakaak. Kedengarannya sangat PeDe tapi semoga cerita ini bisa diambil sisi moral atau makna pesannya :))

Okeh mungkin gw akan mengawali cerita dari sini ya. Beberapa orang mungkin merasa kalo yang namanya self acceptance itu sulit. Self acceptance, self love, apapun itu adalah konsep yang penerapannya nggak semudah membalikan telapak tangan. Gw pun setuju. Seumur idup gw, gw belum pernah yang namnaya ketemu sama orang yang nggak insecure. Bahkan orang yang cakepnya udah kayak dewi kembang 7 rupa aja masih suka mengeluarkan keluhan keluhan insekyur dari mulutnya. Heran kan?

Di sini gw akan menceritakan perjalanan gw memahami konsep self acceptance itu sendiri. Gw juga akan menyelipkan pengalaman gw yang menjadi cikal bakal atau latar belakang dari cerita ini. Sebenernya gw juga bingung mulai dari mana… tapi mungkin bisa mulai dari sini ya. Gw itu mengalami fase hidup yang cukup rough. Waktu gw SMP, jaman jamannya lagi puber, banyak banget perubahan yang gw alami di diri gw sendiri, termasuk fisik. Karena puber saat itu, muka gw jadi jerawatan bangettt nget nget yang sampe orang se rumah ikutan stress kebingungan karna nggak tau harus ngapain. Okeh, dari sini dah ketauan kali yak gw mau ceritain pengalaman apa, kalo kata byuti vlogger namanya my acne story~ anjas.

Mungkin flesbek ceritanya akan gw persingkat karena gw juga udah rada rada lupa. Gw itu mulai jerawatan pas kelas 6 SD. Sekitar waktu pas mau menjelang ujian masuk SMP lah ya. Namanya juga masih bocah, gw minim pengetahuan banget soal ngurus diri. Keramas aja masih amburadul, ini lagi ngurusin muka. Gw sampe gunta ganti sabun cuci muka berkali kali, ngga ngefek juga malah makin parah. Akhirnya, pas SMP gw di bawa ke dokter muka dan sepanjang SMP gw pake perawatan obat dokter. Apakah hanya sampai situ saja? Tentu sadja tidak.

Gw masih pake perawatan obat dokter sampe sepanjang SMA. Kalo diitung itu berarti kurang lebih sekitar 6 tahun lah ya. Gw inget banget dulu pas SMP, temen gw pernah main ke rumah trus pas di kamar, doi liat deretan obat dokter gw dan komen “gila, lo udah pake krim malem? Kakak gw aja baru pake krim malem pas SMA.” Di situ gw rasanya pengen garuk tembok aja… Walaupun sekarang pas gw mikir ya ada benernya juga sih, karena obat dokter kan cenderung dikonsumsi sama wanita dewasa ya, ini gw dari SMP udah kenal toner, krim malem, serum, krim pagi… :’’’) ajaibnya itu bekerja dengan baik di muka gw. Ngga iritasi, ngga memperparah, bahkan ngebantu ngempesin dan ngilangin jerawat gw.

Sejauh gw flesbek, gw merasa kalo pengalan gw jerawatan dulu tu kayaknya traumatis banget hahahaha. Dulu gw selalu berusaha abis abisan demi muka yang kinclong kayak jaman sebelum puber. Gw cuma mikir, pokoknya jerawat gw harus ilang dan nggak nongol lagi selamanya!!! Padahal kan.. sama halnya seperti tubuh kita, wajah pun ikut berkembang seiring berjalannya waktu. Seiring bertambahnya umur, akan ada perubahan yang terjadi.. Cuma gw dulu dongo aja :’’)

Belum lagi tekanan dari lingkungan. Emang ya, yang namanya words kill tu nyata adanya. Beeeeeuh, gw masih inget banget muke muke yang ngatain gw dulu. Sesimpel nanya, “muka lo kok jerawatan lagi?” gw ingeeet! Tekanan dari lingkungan di mana mana sampe gw kepikiran dan akhirnya jadi beban. Mau itu ngatain atau nanya, gw merasa seakan gw gagal mengurus diri gw sendiri. Seakan gw memilih dengan sengaja untuk berada di situasi saat itu. Gw rasa sepersekian persen omongan orang menjadi faktor utama tutupnya pikiran gw dari yang namanya self acceptance. Yaa walaupun faktor lainnya juga karna masih kurang baca bacaan juga seeh :)) but those words never leave brooo. Makanya kenapa gw bilang traumatis, karena sekalinya gw berada di posisi kayak waktu itu, gw langsung gelisah dan bawaannya mau nangis. Gw bukannya mau mengada ngada neh, tapi dulu gw sering banget nangis setelah denger omongan orang. Cuma nangisnya nggak pernah di depan mereka, takut dibilang cengeng. Kalo dipikir pikir, apa yang gw rasain dulu kayaknya berat banget ya.

Okeh balik ke cerita gw ya. Tadi kira – kira kurang lebih 6 taun gw pake obat dokter, berarti gw ngga pernah yang namanya nyentuh produk kecantikan lain selain apa yg gw pake. Nah, tapi ada suatu fenomena aneh bin ajaib yang menimpa gw di akhir tahun SMA. Pas kelas 3 SMA, mulai muncul jerawat yang udah jarang gw temuin di sepanjang sekolah. Awalnya gw mikir kayaknya ini faktor gw stress, karena iya gw akuin dulu gw kelas 3 SMA stress banget mikirin bisa masuk PTN atau nggak wakakakak. Muka ngaruh sampe kusem segala macem dan nongol jerawat juga. Posisinya masih pake obat dokter. Setelah ujian, pengumuman lolos PTN segala macem lewat, gw menemukan kejanggalan.. Kok muka gw nggak mendingan juga ya.. Ada apa ini..

Yang gw sadari dari pemakaian obat dokter adalah itu nggak bertahan lama. Entah ada reaksi apa dalam tubuh yang gak tau bener atau nggak, tapi di gw sendiri gw merasakan kalau obat dokter itu suatu hari nanti tidak akan berefek yang sama dengan pemakaian kali pertama. Kayak khasiatnya lama kelamaan menurun gitu.. Atau mungkin, mungkin karena ada salah satu prosedur yang dihilangkan, jadinya prosesnya nggak maksimal. Nah, di cerita gw ini, gw emang dengan sengaja berenti minum obat khusus buat ngilangin jerawat. Obat minum. Sangking parahnya muka gw saat itu, anjurannya sampe dikasih obat minum :)) dan suatu hari, gw memutuskan buat berenti minum obatnya karena muka gw udah mendingan. Udah merasa nggak butuh minum obatnya lagi. Dan nggak taunya, jerawat gw nongol lagi..

Iya, itu namanya ketergantungan :))

Yaudah kan tuh. Gw cuma bisa mikir mampus lah gw kalo udah ketergantungan. Karena gw tau, sekalinya lo ketergantungan sama obat dokter, buat lepas tu cukup sulit. Mayan sulit kalo buat gw. Pas gw tau gw udah ketergantungan, gw mikir yaudahlah diterusin aja (buat berenti nggak pake obat dokternya) toh gw juga udah di tengah jalan. Kedengarannya kayak gampang gitu ya bok.. Tapi apakah eksekusinya segampang itu? OoOoO nggak, iman gw tipis bro.

Mungkin karena frustrasi juga gw belum nemuin produk yang cocok, gw masih pake obat dokter selama beberapa bulan. Cuma dosisnya aja gw kurangin. Obat minum gw konsumsi 1-2 kali seminggu, krim malem gw pake cuma 3-4 kali seminggu. Sebenernya, walaupun gw masih pake obat dokter, gw merasa muka gw malah ngga sehat. Tiap pagi muka gw selalu ngelupas, ngelupasnya yang sampe sakiit banget kalo dikletek bisa berdarah.. trus kering, beruntusan dan segala macem. Mungkin karena gw makenya juga nggak maksimal kali ya. Singkat cerita, setelah berbulan – bulan gw berhasil menemukan produk yang bisa menggantikan si krim malem— yaitu Nature Republic Soothing Gel. It works like magic. Gw pernah coba pake produk lain sebelum balik ke obat dokter, cuma nggak ada yang cocok. Cuma si natur ini cocok benerrrr bahkan sampe ngilangin bruntusan!! Salut. Salut. Muka gw yang banyak maunya aja sampe bisa nurut. Rasanya pengen gw peluk cium ini yang buat.

Setelah akhirnya menemukan produk yang cocok untuk muka gw, gw merasa bebas nyet.. sumpah. Kesannya kayak lebay ye, tapi gw lega bener asli pas tau gw bisa pake produk lain selain obat dokter. Dan dari sini, muncul semangat dari dalam diri gw untuk cari tau produk lain yang kira – kira sesuai sama kebutuhan muka gw.. gw jadi semangat untuk cari tau lebih banyak. Walaupun tetep masih ada rasa takut buat gagal, tapi selama ada share in jar… aku masih merasa aman :)


Moral of the story : never give up.

Belum kelar tong. Lu kira udahan??

Selama proses ini gw banyaaak banget belajar. Belajar memahami diri, memahami apa kebutuhan gw, belajar untuk menerima. Gw akuin bahwa pembelajaran ini banyak banget didukung dari usaha gw untuk terus cari tau dan belajar dari pengalaman orang lain. Baca artikel yang encouraging, dan memotivasi.

Sekarang gw bisa bilang gini karena gw banyak belajar. Gw percaya kalo ngerawat muka yang bermasalah itu adalah salah satu bagian dari proses memahami dan menyayangi diri sendiri. Dan satu hal yang perlu digarisbawahi adalah, jerawatan itu normal. Sangat, sangat, sangat normal. Jerawat bukan fenomena yang jarang ditemuin sama orang, tapi sangat common dan punya jerawat itu nggak apa apa. Acne is very very okay. Mungkin selama ini kita selalu dikonstruksikan sama muka yang bersih dan mulus, jadinya pas liat orang punya jerawat langsung diliat aneh. Padahal gw melihat bahwa punya jerawat adalah salah satu cara orang supaya lebih bisa merawat dirinya dengan baik, dia jadi tau produk apa yang cocok buat mukanya, perawatan yang seperti apa, rutinitas apa yang harus diterapkan, dan lain lain.

Gw nggak bilang kalo lo jerawatan lo harus terima apa adanya gitu, enggak. Gimana pun juga, jerawat itu masalah yang harus diatasi karena kalau dibiarkan berlama lama bisa bikin muka iritasi. Cuma belajar dari pengalaman gw, jangan diambil pusing. Karena stress itu sendiri bisa memperparah jerawat. Jadi mending dibawa santai aja. Tenang, kalem. Jerawat akan ilang dengan sendirinya kalo kita mau ngerawat pelan pelan dan telaten. Kalo terlalu stress yang ada malah jadi beban, makin rendah kita ngeliat diri sendiri, makin lama juga tu jerawat betah.
Satu hal yang sangat gw nikmati sekarang adalah proses. Gw sangat menikmati proses membersihkan muka. Skin care routine kalo bahasa gaulnya. Nggak jarang gw denger omongan orang gw skinkeran mulu lah,  yg gw pikirin skinker doang lah, beli skinker mulu lah, segala macem tetekbengek. Kalo iya emang kenape?? Nggak ngerugiin siapa siapa juga aing. Toh gw sangat menikmati proses dari gw ngaca bersihin pake cleansing oil sampe gw pake sleeping mask. Nggak ada paksaan dan tekanan gitu. Gw sangat enjoy. Walaupun makan waktu sampe 30 menit lebih, ngantuk teler aja masih bisa gw paksain. Let the beauty of what you love be what you do~ kata quotes keren di google barusan.

Trus, apakah gw sekarang kalo jerawatan nggak stress?? Jawabannya nggak juga. Kadang kalo lagi jerawatan yang lumayan parah, gw bisa ngomong di depan kaca ngedumel sendirian sampe 15 menit. Abis itu yaudah, bersihin dan kasih treatment kayak biasa. Besokannya diliat, kalo misalnya nggak ilang juga gw biasanya cuma menghela napas… trus yaudah ngelus dada wakakaka. Dulu kalo lagi di situasi kayak gitu, gw bisa nangis menderu – deru sampe nggak mau keluar rumah (iya, sampe separah ini). Hal lain yang menjadi perbedaan dulu dengan sekarang, di beberapa situasi sekarang gw masih bisa lebih menerima kondisi muka gw saat sedang breakout. Penerimaan ini karena gw tau penyebabnya apa. Bisa jadi salah makan, pola tidur yg berantakan, atau hormon. Sekalinya gw udah tau penyebabnya, yaudah. Muncul perasaan tenang. Lucunya, jerawat itu akan makin parah kalo lo pikirin terus dan malah jadi stress. Ini sering banget gw alamin dulu. Ambil pelajaran, bawa santai aja, sambil pelan pelan dikasih treatment khusus jerawat secara rutin.. nanti pasti ilang kok :))

Yang masih rada sulit buat gw ketika dihadapkan dengan ceceran omongan orang. Untuk berlagak cuek masih susah buat gw. Kadang kalo ditanya “kamu jerawatan kenapa?” masih suka ada rasa nyess gitu dalem ati karena itu artinya mungkin jerawat gw sangat visible. Bedanya sama dulu, gw dulu langsung cabut trus nangis di kamar mandi. Ini gw masih bisa jawap :)) walaupun sekarang pun sekalinya gw bodo amat, yaudah bodo amat mau ditanya apa jawab aja “aku kan manusia bisa jerawatan juga”. Jadi jawaban gw biasanya bergantung sama mood. Dannn omongan orang udah nggak begitu membekas di benak gw sekarang, yang ngebekas banget tu pas jaman jaman SMP SMA.. kalo sekarang gw selalu lupa. Gw mengasumsikan omongan orang hanya nyess saat itu aja, nggak kepikiran sama gw terus menerus. Alias udah nggak mempengaruhi gw. Mayan. Progress yang baik~

Sampai saat ini, sekarang ini, hari dan waktu ini, gw nggak pernah lupa sama pengalaman gw dulu. Gw bisa bilang itu semacam perjuangan ya walaupun nggak pake titik darah penghabisan. Tapi ada battle dari dalam diri gw juga yang pingin berjuang tapi udah capek sama muka yang nggak kunjung bener. Banyak pelajaran yang bisa gw ambil, kuncinya jangan pernah nyerah buk. Cari tau terus. Mulai dari pahami muka lo itu kenapa dan butuh apa. Kalo dari sini lo udah tau, kesananya akan jauh lebih mudah.

Trus kira kira poin apa yang mau gw sampaikan di cerita ini??

Self love and self acceptance. Dari cerita awal gw di atas, terlihat banget bagaimana gw yang masih sangat kurang menerima dan menyayangi diri sendiri. Satu hal jelek dalam diri gw, langsung gw menganggap diri gw seutuhnya itu jelek. Padahal, satu kejelekan nggak bisa menjadi tolak ukur apakah diri kita itu baik atau buruk. Seiring berjalannya waktu, banyak baca pengalaman orang, baca banyak artikel motivasi yang mendukung, baca pemahaman sana sini, gw jadi paham kalo kalimat “sayangi dirimu sendiri sebelum kamu menyayangi orang lain” itu penting banget. Kalo lo udah sayang sama diri sendiri, self control pun juga akan jauh lebih mudah. Lo lebih bisa menyesuaikan diri, lo lebih bisa berpikir positif, dan pengaruhnya juga akan terasa ke lingkungan sekitar.

Gw belajar menerima diri sendiri dari proses skin care yang gw lakuin tiap hari. Itu juga diitung sebagai proses untuk mencintai diri sendiri. Setiap orang punya caranya masing – masing, kalo lo pernah baca, ada cewek yang seneng dandan full make up padahal nggak mau pergi kemana – mana. Cuma ya itu, pake make up bikin mereka seneng, bikin mereka percaya diri, ngebantu mereka menyayangi diri sendiri, dan itu yang perlu di highlight.

Gw sadar kalo memang gw nggak sempurna. Gw masih punya banyak kekurangan, yang bahkan sampe sekarang juga masih gw keluhin. Cuma, gw sangat bersyukur sekarang gw udah bisa menerima salah satu dr sekian banyak kekurangan gw, yaitu menerima kondisi muka gw dengan lebih baik. Di samping itu, gw juga sangat bersyukur dengan berbagai proses yang gw lakukan supaya bisa mengerti apa yang “dibutuhkan” muka gw dan bagaimana mengatasinya. Perjalanannya panjang memang, penuh lika liku dan ada drama air matanya segala, cuma sekalinya lo udah bisa mengerti dan tau apa yang harus lo lakukan, itu akan menjadi proses yang sangat menyenangkan untuk dilakukan kedepannya..

Self love dan self acceptance itu pentinggg sekali teman teman. Prosesnya emang nggak mudah, gw akuin. Itungannya susah, belum lagi untuk maintain perasaan di situasi tertentu. Pesen gw, jangan terlalu tergesa gesa. Pelan pelan aja. Lo pasti tau kekurangan dalam diri lo apa. Mulai berfikir positif, mulai cari tau hal apa yang bisa lo lakuin untuk menerima kekurangan itu. Jangan terlalu terpaku dengan stigma kalo cantic itu mulus putih langsing di luar sana, karena cantik itu muncul dari dalam diri sendiri. Kalo lo udah bisa nerima dan sayang sama diri sendiri, niscaya cantiknya keluar. Dan jangan takut kalo lo nggak sesuai dengan stigma kecantikan di luar sana, semua perempuan cantik dengan caranya masing masing :)

Saat ini gw juga masih belajar untuk mengatasi kekurangan gw. Gw menerima kalo diri gw punya kekurangan, tapi semisal kekurangan itu sekiranya bisa merugikan orang lain, gw akan berusaha semampu gw untuk introspeksi. Muka minyakan dan gampang jerawatan adalah satu dari sekian banyak kekurangan yang berhasil gw terima dalam diri gw. Kalo gw bisa, kalian juga bisaaa!

Terakhir ini, moral hidup yg selalu gw camkan dalam diri gw adalah : kurang kurangin dengerin apa kata orang. Gw akuin beberapa dr omongan orang itu ada benernya juga dan justru memberikan manfaat buat kita, tapi ada juga omongan orang yang malah justru bikin kita jadi tambah insekyur atau jadi nggak pede mau ngelakuin sesuatu. Saran gw : jangan didengerin. Lu mau seneng kan? Lakuin aja apa yang bikin lu seneng. Jangan jadikan omongan orang penghalang. Hidup hidup lu, semua orang udah punya porsi pilihannya masing – masing, yaudah. Jangan diambil pusingg! Every single person in this whole universe deserves to be happy. Kalo lo merasa apa yg mau lo lakuin itu bener dan bikin lo seneng, udehhh gas ajaa!

Semogaaa dari apa yang gw ceritakan di atas, lo semua yang baca bisa menerima maksud dari tulisan gw atau bahkan diambil pelajaran yaa. Semangat temen – temen yang sedang berada di fase keterpurukan karena sulit menerima diri sendiri. Lo nggak sendiri. Banyak orang berada di fase yang sama. Jangan lupa untuk bangkit dan segera mencari solusi, supaya lo bisa menerima dan mencintai diri sendiri seutuhnya! Banyak banyak baca pengalaman orang, baca cerita cerita yang positif, pemahaman soal self love dan self acceptance. Percayalah kalo lo semua itu worth it. Jangan menyerah! Semoga pada akhirnya, kita akan menemukan keunikan dalam diri kita sendiri; dan pada akhirnya mampu menerima dan menyayangi diri secara seutuhnya! Semangat!


 P.S : Maap gw ngga melampirkan foto gw jaman dulu sebagai bukti konkrit. Gw ngga punya potonya :)) malu juga hiks

You May Also Like

0 komentar