2019 Recap!

by - 01.27

Selamat hari Minggu~


Kalo dipikir-pikir gw masih ngga nyangka 2019 itu udah tinggal itungan jari. Asli. Gw merasa waktu cepet bgt??? Dan di sisi lain gw masih merasa kayak bocah wakakakakak gw udah 21 tahun, yg mana tahun depan gw bakalan 22 tahun?? Perasaan baru bgt kemaren gw jadi maba, baru banget gw lulus SMA, apa pake seragam SMA nongkrong di koridor sekolah... time flies SO fast you wont even dare to blink if this keeps happening in the future wakakakak

Gw mau memberanikan rekap dengan apa yg udah gw lalui selama satu tahun ini. Sepertinya postingan ini akan menjadi postingan yang cukup berani buat gw. Karena ada bbrp hal yang gw belum banyak cerita ke orang, karna gw merasa malu. Tp semakin gw ke sini gw mikir, lah ngapain malu.. Nggak ada yg perlu dirasa malu, gw ngga melakukan kesalahan atau suatu tindakan bodoh yang merugikan diri sendiri atau org lain. Jadi, yaudahh~ 

Hemm.. mulai dr mana yak. Kalo direkap perbulan gitu jujur saya ngga inget beb. Jd mungkin dari yg bener-bener berkesan aja sampe blm ilang di otak gw ya

Bulaaan Maret diriq ini eniv bersama kang mas pacar wakakakaka geli bat anjeeeeeeeeeer tapi karena gw bilangnya bakalan nulis yg bener-bener berkesan, jadi ini salah satunya. Gw terhitung sebagai orang yg jarang buanget pacaran. Antara emang ngga laku apa karna emang gw pemilih beda tipis wakakakakakak. Gak deng. Emang selama SMP-SMA kisah cintaku nggak pernah mulus, akunya juga masih labil, cinta-cintaan monyet yang kalo dicuekin dikit nangis. Belum lagi kalau naksir yang tidak berbalas huhuhuhu. Mungkin ini salah satu cara Tuhan buat ngelindungin gw dr masa lalu yg memalukan. Kayak, nih.. Kamu pacarannya kalo udah kuliah aja ya.. Pas udah gedean dikit dan rada bisa mikir dikit.. Biar nggak malu2in amat gituh.

Trus nggg Maret April Juni.... Juni gw ulang taun, 21 taun. Trus apa yak, kalo perbedaan nggak ada yang terlalu signifikan selain diriq merayakannya sekarang sama temen-temen kuliah dan ada kehadiran mas pacar ciyelah pamer mulu gw nih minta ditoyor,,, tapi yah begitu...... OHHHHHHH ini bisa dibilang ulang taun yang ngga seneng2 amat karena tanggal 28 Juni nya GW BERANGKAT KKN HAHAHAHAH

KKN was one hell of a ride. Gw dari awal taun tu udah inget banget gw kaga pengennnnn banget dah KKN kalo bisa diganti sama hal lain kyk ujian, bayar, apa ngapain kek kayang di tengah GSP gw mau dah. Asli males bangettttttt gw bayanginnya udah gamau gitu gamau gamau gamau tolong aku ya Allah gw pengen ilang aja rasanya trus balik2 KKN kelar. Cuma ya mau gimana ya ceu?? Kalo nga KKN saya nga lulus, sedangkan kalo saya nga lulus2, nambah dosa aja tuh ngerepotin orang tua. Jd yaudah dah.... Yg gw inget cuma KKN biar bisa lulus, biar bisa lulus.. gitu-gitu doang.

KKN gw di Gunungkidul. Iye masih di Jogja trus ngapa? Gw tu dr awal udah diwanti-wanti sm nyokap ngga ada yg namanya KKN di luar Pulau Jawa tu nggak adaaaaa nggak boleh pokoknya. Bahkan mau ke Bali yg tinggal nyebrang aja kaga boleh beb. Ngeri gw kecemplung di laut apa gmn kaga ngarti dah. Tapi gw nurut aja karna gw mikirnya KKN kan lama yak 1,5 bulan, kalo gw nekat ke luar jawa tanpa ijin nyokap ntar ngeri kenapa-napa... Dan pasti kenapa-napa. Tau dah gw mikirnya kalo ngeyel sm emak pasti ada aja ampasnya. Jd okeh baik. Tadinya gw sempet ikut oprec sana sini di ke tim KKN dalem Pulau Jawa. Tapi kok kayak gak sreg gituh ma orang-orangnya........ Kayak pas wawancara kurang greget aja gitu. Trs lama kelamaan mager oprec-oprec-an yaudah dah gw K1 aja ngahahahahah

Btw K1 itu berarti dr universitas yg nentuin beb. K1 berarti wilayahnya sekitaran Jogja. Gw mah, mau yg gampang aja dah ga banyak mikir yg penting KKN.
Yaudah dah tuh KKN sedep bener 1,5 bulan beb gw di Gunungkidul, laki gw di mane coba?? Di NTT alias Nusa Tenggara Timur beeeeeuh mantab jiwa. Jadi gini, sebelum lu lu pada blg gw lebay, gw sempet blg gw itu jarang buanget pacaran. Nah, karena saya jarang pacaran, artinya jarang juga saya itu merasakan dinamika pacaran yang beragam, salah satunya LDR... Kaga pernah gw LDR-an tuh. Dan karena gw tau gw orangnya macem begimane jdnya gw tau kalo gw tu kaga bisa LDR wakakakakakak. Bukan masalah bucin apa gmn emang kaga bisahhhhhhhhhhhhhhhh! Kaga mau juga sih gw lebih tepatnya. Selama 1,5 bulan adalah berantem gemas-gemas tapi we got through it!! Walaupun buat gw bener-bener titik darah penghabisan bgt rasanya wakakakak karena kang mas yg ono sibuk bener beb, bener-bener ngabdi bener dah. Gw sampe sempet mikir ni orang kayaknya bau-bau ngga bakalan balik nih jadi warlok di sono. Sedangkan gw ya ngabdi tapi kalo emang ada jobdesc aje..

Faktor lain yang gw rasa juga jd pendorong LDR waktu KKN sulit buat gw karena intensitas kami bertemu itu sering banget beb. Hampir tiap hari. Gw sm doi seangkatan dan sejurusan juga kan, cuma beda konsentrasi aja gituh. Jadi emang sering banget ketemu trs tiba-tiba jreeeeeeng 50 hari ngga ada ngobrol yang intens dan ngga ada interaksi tatap muka. Jujur agak sulit buat diriq. Palagi doi sibuk yang mengabdi bener dah, sedangkan gw KKN yg banyak selonya wakakakakak. Jadi sulit menyesuaikan waktunya. 

Di sisi lain KKN mengajarkanku betapa pentingnya teamwork, berbuat baik kpd sesama, sopan santun, tata krama.... Wah banyak deh. Sejujurnya, setelah KKN kelar, gw sering bgt ngerasain kangen wakakakak. Gw bersyukur karena tim KKN gw (lebih tepatnya yg sepondokan) itu orangnya enak-enak bangettttttttt diajak diskusi dan kerjasama. Jdnya jobdesc apapun berjalan oke gituh. Dan meninggalkan kesan yang memorable. Selain berkutat sama jobdesc juga anak-anaknya seru diajak ngobrol, kalo bertukar pikiran atau berpendapat juga asik, diajak bercanda yang sampe ngakak-ngakak juga bisaaaak. Lokasi pondokan gw juga enak dingin jadi jarang bgt yg namanya kepanasan. Paling kalo tengah hari siang bolong gitu kepanasan iya tapi kalo di luar rumah aja, kalo di dalem mah dingin terooooooos!

Ibu dan bapak pondokan juga baikkkkk bgt they treated us like their own children huhuhuh. Pas ngetik ini langsung keingetan perpisahan sama mereka dan temen-temen pondokan, nangisnya dr bangun tidur wakakakak. Keinget bgt hari pertama KKN naruh barang di pondokan, nentuin kamar, beres-beres, naruh-naruh barang. Sampe hari terakhir packing dan masukkin barang ke koper terus naikin lagi ke pickup.. Sesedih itu. Buat gw, KKN memorable banget, karena tim gw anak-anaknya asikkk. Ketika temen-temen gw rata2 setelah KKN mpet sama temen-temennya, gw sesering itu ngerasain kangen. That's another thing I need to be grateful for I guess??

Kemudian KKN berlangsung dari 28 Juni sampeeeeeee 18 Agustus. 1,5 bulan. Itu waktu berjalan cepet banget, dan sejujurnya gw juga udah agak-agak lupa selama KKN apa aja yg gw kerjain. Sebenernya cukup banyak yg gw inget tp gw agak males nyeritain satu-satu wakakakak intinya kampus w tu administrasinya ribet banget jd perlu bikin laporan yg super banyak dan rumit, malah bahkan gw ngerasa jalanin jobdesc tu ngga seberapa pusingnya, yg bikin pusing banget itu laporannya bro. Apalagi kalo situ megang jabatan, laporannya bukan cuma individuh. Kalo pas jalanin jobdesc nya mah oke-oke aja, warganya juga ramah, sangat welcome.. Trus gw inget banget karena satu pondokan ada 15 orang, kamar mandi cuma 2, struggle nahan pupup kalo kamar mandi dua duanya dipake.. beuh. The struggle was real bro. Akhirnya berujung naik motor ke masjid terdekat buat voker. Satu-satunya alternatif lain kalo kamar mandi semuanya kepake dan dua-duanya masih lama di dalem :') sungguh kangen :')

Belum lagi kalo nyuci HAHAHAHAH asli anak pondokan gw udah bodoamat kalo jemur baju. Kancut beha kolor gelaaaaaaaaar semua di tali jemuran!!! Bodoamat dah siapa punya siapa, udah kaga ada urat malu. Karena kalo ngga gitu lamaga bro keringnya, sedangkan kita butuh amunisi daleman. Beuh kalo udah siang-siang tu, biasanya weekend ke halaman belakang liat jemuran udah macem pasar malem berbagai macam jenis, brand, warna, dan ukuran daleman ada HAHAHAH INI TER EPIC

Dah sih itu... Walaupun keliatannya lama, 1,5 bulan, KKN tu rasanya cepet buanget. Asli. Kayak ngedip abis itu kelar. Sumpah gw ngerasa secepet itu loh KKN tu. Sebelumnya Ramadhan juga cepet buanget puasa tu sebulan ngga berasa kayak sebulan rasanya kayak seminggu.. Secepet itu. Di satu sisi gw bersyukur, seneng, di sisi lain ada sedihnya karena merasa sangat nyaman dgn temen-temen KKN gw. Tapi sampe sekarang untungnya kita semua masih keep in touch hihihih

Trusss something happened di bulan Juli. Akhir bulan Juli. Posisinya gw masih KKN, lagi di pondokan, tiba-tiba dapet watsap dari mamah yang bilang kalauuuuuuuuuu she and my dad had officially divorced :))

Sebenarnya selama ini gw udah tau, gw tau nyokap gw udah ngajuin ke pengadilan dan udah ngurus proses ini itu. Tapi yg ngga gw tau adalah ternyata nyokap gw udah sidang kedua (ada 2 proses sidang) dan tiba-tiba ngabarin ke gw kalo udah officially divorced. Kaget.. Jelas. Kaget, ada rasa terguncang, w merasa ngga percaya aja sama kenyataan kalo ternyata mereka beneran pisah. Mungkin selama ini gw selalu meyakini diri sendiri dan nyokap kalo emang rumah tangga mereka udah nggak bisa diperbaiki. I've tried, she did too, to fix the marriage, but it didn't work out. Dan yang gw lihat malah semakin dipaksakan, semakin sengsara mereka. Baik nyokap maupun bokap. After everything my parents, me, and my sister have been going through.. that was it. That was the end. Sebuah perjalanan akhir, jawaban, titik terang yang selalu gw pertanyakan, gw harapkan dan selalu gw idam-idamkan. I've seen it coming, cuma rasa syok tetep aja ngga bisa gw pungkiri wkwkwk se legowo apapun gw, gw yakin nggak ada di dunia ini anak yang mau orang tuanya pisah. Tapi ya itu, kalau misalnya malah dipaksakan, justru akan semakin sengsara. Bahkan sampe ke anak-anaknya. Dan gw bener-bener udah nggak mau yg namanya ngerasain masa-masa terpuruk pd saat sebelum mereka pisah, gw berusaha buat mikir positif, ini yang terbaik, ini yg terbaik.. Terguncang mah tetep, cuma hari itu aja gw nangis tersedu-sedu hiks besokannya sudah bisa tersenyum dan tertawa lagih, terima kasih banyak untuk kalian yang sudah berada di sisiku pada masa-masa itu.. <3

Lanjut mmmmmmm pulang KKN tu Agustus tgl 18 yes. Balik ke kos, mulai mikirin skripsi, mulai diriku mencari pekerjaan sampingan lagih :)) Asli gw merasa beban pas KKN kaga ada apa-apanya dibandingin pas kelar KKN wakakakkakak. Gw ngga langsung mulai skripsian itu, bulan September apa ya baru cari-cari judul, muter otak mau neliti apa, tapi ya juga ngga langsung ngerjain karena harus mikir dosbing yang cucok ma saya dan topik sy siapa,,, gw rasa bulan September-Oktober tu bulan2 terpusing gw mikirin ini skripsi tu mau dibawa kemana dan dibimbing siapa, karena gw merasa dilepas bangettttt setelah KKN jd gw harus nentuin arahnya sendiri yang mana gw masih celingukan karna bingung. Setelah melalui masa-masa planga plongo akhirnya udah dapet judul tu sekitar akhir bulan Oktober, mulai bimbingan, November mulai ngerjain yang intens. Mulai dari gunta ganti judul, revisi latar belakang, ngerjain bab 1... Belum lagi nyambi kerja!!!!

Gw jd inget bulan September-Oktober tu gw kerja, tp diwajibkan ngantor gitu. Yang mana akhirnya gw minta keringanan buat ngantor 3 hari aja (Kamis Jumat gw ngga ke kantor, tp kerjaan gw remote alias bawa pulang) supaya 2 hari sisanya gw bisa ke perpus atau di area kampus lah buat skripsian. Gw mikir kalo 5 hari di kantor mulu, kaga bakal kepegang ntu skripsi. Karena pulang-pulang ngantor udah tepar otak udah males mikir dah kekuras abis buat di kantor gitu kan. Tapi sayangnya pekerjaan sayah hanya berlangsung 2 bulan pemirsah, karena ada satu dan lain hal... Jadi pengangguran lg tuh gw. Cuma, enaknya adalah emang gw jd intens bgt ngerjain skripsi. Bisa ke kampus tiap hari. November-Desember yang mana adalah sekarang, gw belum mulai nyambi kerja. Tapi Alhamdulillah kena target sempro sebelum ganti taun :') kadang aq merasa aq pemalas dan tukang nunda tapi kalau bisa achieve sesuatu yang sudah ditargetkan aq merasa bangga..

Itu juga mau sempro ada dramanya beb. Emang hidup gw perlu bgt ada dramanya ye, biar ada rasanya kali ya ngga tawar gituh

Jadi diriku berhasil menyeleseikan Bab 1. Kemudian, diajukanlah ke dosen pembimbing......... Dibaca, trus responnya adalah

"Yuk ujian"

.....

Gw agak syok gemeter gimana gitu, karena mon maap itu Bab 1 baru banget gw kelar buat, gw kira doi bakalan ngasih feedback berupa revisi gitu yah supaya seenggaknya lebih "siap" buat disempro-in. Karena jujur gw tu ngga pede merasa Bab 1 w tuh belum sesempurna itu buat disempro-in jd gw bingung ini dosbing w terlalu yolo apa gmn?? Keknya doi gak tau kl urusan ginian gw tu cupu,,,

Setelah ngobrol kecil gw akhirnya mendapatkan ilham bahwa niat beliau itu sbnrnya baik banget nyuruh gw sempro, agar supaya dapat revisinya langsung dan sekalian dr dosen-dosen penguji.. Jadi gw ngga ngerjain revisi berkali-kali. Langsung dari dosen penguji juga dapet gitu, jd abis sempro, gw langsung bisa lanjut bab-bab selanjutnya. Niatnya baik emang dan sangat logis, tapi tetep aja gw tuh cupuuuhhhhh masalah beginian w tuh merasa kurang sempurna gitu ciyelah

But I did it, probably one of all bravest thing I did wakakakakak. Gw kayak yang udah lah gas aja, kalo gak sempro, gw gak bakalan ada progresnya. Mau sampe kapan coba stuck di Bab 1? Kalau gw sempro gw tau kan, yg kurang di mana, yang harus ditambahin apa, langkah kedepannya gw harus gimana. Jelas. Ada progress. Jadi yaudah.. Gas-in aja. Jangan kebanyakan ragu, mikir, dan takut-takut. Gw meyakinkan diri gw bisa, topiknya gw suka dan gw kuasai, udah deh.......... Mantap kan.

Yaudah deh, dengan kekuatan nekat dan pasrah, aq melewati proses itu. Gemeter dikit, tapi respon dosen-dosen bae banged. Jauh dr bayangan gw yg bakalan nakutin dan dipojokin, kaga ada sama sekali. Sekarang aku masih proses ngerjain revisi... Yang mana kaga kelar-kelar, kaga ada semangatnye :(

That's it!!!!! Keknya rekap 2019 gw hanya cukup sampai di situ. Jujur yg gw inget ngga gitu banyak, bener-bener cuma itu yg gw inget dan berkesan banget sampe ngga bisa lupa. Semua hal yang terjadi bikin gw mikir wah, gw ternyata udah ngelewatin itu ya, wah gw bisa ya ngelewatin masa-masa itu, gw ternyata bisa ya. Hahahah. Didn't realize I was doubting myself way too often. Sepertinya ini yang harus jadi evaluasi buat gw ke depannya. Padahal pas menjelang mau melakukan banyak hal yang harus gw hadapi, gw juga ngga punya strategi yang gimana-gimana, kuncinya cm satu, hadepin aja. Kalo kelamaan mikir, kelamaan takut, kelamaan sedih, kaga bakalan maju. Kaga jadi-jadi nanti, mentah mulu (?) kayaknya q juga harus bisa sedikit untuk tidak terlalu khawatir karena, yak, ternyata gw bisa gitu. Eheheeh. I went through everything that came before me this year. Kalo tahun ini q bisa, tahun-tahun berikutnya ku hanya berharap juga bisa. Semoga saja~

Selamat menghitung hari menuju tahun 2020!! Cheers!



You May Also Like

0 komentar