Siklus Media Sosial Gue

by - 23.57

Tulisan gue malem ini ide nya muncul tiba - tiba. Awalnya gue bingung banget mau nulis apa karena nggak kepikiran daritadi dan hari ini nggak ada kejadian yang seru buat diceritain juga. Tapi tiba - tiba gue kepikiran... Gimana kalo malem ini tentang media sosial apa aja yang pernah gue pake dan awalnya beken, kemudian hilang, dan digantikan oleh media sosial lainnya? Hmm...


Awal mula gue mengenal dunia media sosial itu dengan Friendster. Ini pasti nggak asing lagi buat kita kaum milenial yang sangat erat dengan media sosial. Gue lupa waktu itu, apakah Friendster bersanding sama MySpace apa di antara mereka ada yang duluan ya? Yang jelas waktu itu gue nggak main MySpace, tapi gue sibuk banget main Friendster. Sedikit cerita, waktu jaman dulu gue kenal internet dan warnet, yang bisa gue lakuin cuma main game online. Udah. Sejam 4000 tapi puas banget gue main game sampe semua game gue mainin. Sampe akhirnya muncul Friendster sebagai pijakan awal perubahan gue menggunakan internet.

Menurut lo, pas awal - awal gue main Friendster, langsung jago gitu? Baaahh. Nggak tau kalo orang - orang ya, tapi pada saat itu gue gaptek banget ya Rabbi. Bikin e-mail aja nggak mudeng, dibikinin temen akhirnya. Trus Friendster aja itu awalnya gue dibikinin temen juga, trus entah gue maininnya gimana pokoknya asal pencet sampe akhirnya bisa pasang status sendiri, ganti foto sendiri, nambahin temen sendiri. Itu status dan foto nggak usah di tanya bentuk rupanya kayak apa, gue nyebutnya jaman jahiliyah.

Setelah Friendster, gue main Facebook. Pertanyaannya adalah, siapa yang nggak main Facebook dulu? Gue acungin jempol deh. Pokoknya kehadiran Facebook menggeser Friendster sampe gue lupa gue punya Friendster. Jaman jahiliyah gue numpuk semua di Facebook. Karna awal - awal gue seneng main medsos, Facebook selalu gue isi ini itu. Paling rajin gue urus lah istilahnya. Sampe segala main pet society coba. Sangking noraknya gue segala nambahin temen yang nggak gue kenal, dengan alasan ya pengen temenan aja. Kalo orang Indonesia masih mending, gue sampe nambahin temen orang luar negeri ya Allah. Kebanyakan nggak ada yang nerima karna pada nge-inbox, "Do i know you?" wakakakak!

Sejalan dengan Facebook, gue inget banget gue main MSN hahahahah! MSN sama Yahoo! Messenger. Asli itu dua selalu gue log in setiap kali main komputer. Karna waktu itu gue udah ngerti cara buat email, yaudah norak bikin e-mail banyak banget sampe main MSN sama Yahoo! Messenger ada berapa akun tuh. Padahal itu fiturnya cuma chatting kan, cuma lucu gitu. Dan itu pertama kalinya gue kenal webcam mennn karna di MSN bisa video call gitu kan. Pokoknya gue sangat amazed dengan perkembangan teknologi waktu itu salah satunya ampe webcam-an seharian hahahah.

Kemudian muncullah Twitter. Twitter di sini juga berperan besar dalam dunia media sosial ya. Penggunanya lumayan banyak. Kalo pas jaman jahiliyah, ulah gue emang lebih banyak di Facebook, tapi itu karna Facebook kan fiturnya lumayan banyak kan dulu di banding Twitter. Dulu Twitter paling cuma bisa nge-post sama share foto satu doang. Twitter kan lebih ke update-annya gitu kan. Tapi bukan berarti gue nggak berulah di Twitter. Awalnya gue kenal Twitter, gue kayak 'apaan sih nih boring banget, masa gitu doang?' Minta ditampol kan. Beberapa bulan kemudian, nggak tau kenapa tiba - tiba ada ketertarikan dalam diri gue untuk kembali main Twitter (aseeek) mungkin karena pengaruh temen - temen gue yang tiba - tiba beralih ke Twitter semua. Mungkin juga karna pas awal - awal gue main Twitter tuh kan sepi ya, temen gue masih pada Facebook-an semua. Cuma pas udah mulai di kenal, udah banyak yang main jadi rame. Dari situ gue main Twitter tapi masih main Facebook juga, tapi lama kelamaan Facebook kegeser juga sama Twitter.

Oh ya sekadar tambahan, urutan media sosial ini sebenarnya lebih berdasarkan gue mainnya gimana ya. Kayak apa yang gue mainin pertama kali, trus apa, trus lanjut lagi apa. Jadi nggak terlalu berdasarkan urutan medsos itu secara resmi hehe.

Nahh lanjut, gue main Twitter cukup lama. Bahkan lebih lama dibandingkan Facebook. Oh ya kayaknya di sela - sela Facebook dan Twitter itu gue juga main Blog. Baru kenal yang namanya Blog dan baru tau fiturnya beda, buat nulis asyik gitu. Jelas lah gue main kan dulu gue remaja alay yang nggak mau ketinggalan zaman gitu. Oh ya, setelah main Twitter gue inget gue main apa... Gue main Formspring.

Nggak banyak sih setau gue yang tau dan main Formspring. Beberapa ada yang tau tapi nggak main. Formspring juga beda, fiturnya tanya jawab. Lo tanya, gue jawab. Jadi ada yang ngajuin pertanyaan gitu, nanti kita jawab. Kayak Ask.Fm gitu lho kalo jaman sekarang. Dulu, Formspring juga bisa mengajukan pertanyaan secara anonymous atau tanpa nama, jadi yang gue dapet dari medsos seperti Formspring dan Ask.Fm adalah sering disalahgunakan jadi tempat menaruh kebencian yang terpendam. Hiks.

Kemudian kenal lah gue dengan Tumblr. Gue sukaaaa banget main Tumblr dulu. Sampe rajin ngedit layout nya karna lucu - lucu. Trus follow sana sini kalo isinya bagus - bagus. Trus Tumblr kan postingannya kebanyakan yang keren - keren gitu kan, trus dari situ gue kayak baru tau gitu loh kebanyakan orang ambil gambar keren tuh dari Pinterest apa nggak Weheartit. Dari Tumblr juga gue sempet belajar bikin GIF, dan semacamnya.

Gue nggak gitu inget setelah Tumblr media sosial yang gue pake apa lagi. Gue sempet berhenti main Twitter, karna udah kenal sama Line, Path, WhatsApp, dan yang lagi naik daun sekarang, Instagram. Siklus nya sepertinya juga balik lagi nih, karna baru - baru ini gue kembali main Twitter. Wakakak!

You May Also Like

0 komentar