Harry Potter Chibi Harry Potter 2

Nikmatin Momen Itu Penting

Selamat malam kawan.

Di sini baru aja abis hujan. Jadi dingin - dingin gimanaa gitu. Makin syahdu aja suasananya. Sambil minum susu coklat atau coklat panas pasti tambah pas. Apalagi kalo sambil dengerin musik klasik... Yeh merem gue mah abis itu.

Seharian ini agenda gue cuma di kos ngerjain tugas. Trus dari pagi sampe sekarang yang nemenin cuma makanan dan handphone. Ngomongin soal main hp, ngerasa nggak sih kalo sekarang tuh susah banget sama yang namanya lepas dari hp? Gue sampe kadang suka kesel sendiri men. Kayak seharian tuh nempeeel mulu tangan gue sama tu barang. Sampe kadang secara tidak sadar abis gue taro, beberapa menit kemudian gue megang lagi gitu loh. Cuma pas tidur aja gue lepas. Ada beberapa saat momen gue sadar, "Ah main hp mulu." trus gue taro tuh hp. Tapi pas istirahat bentar, itu hp gue pegang lagi!

Pantesan waktu ujian hp selalu disita sama nyokap. Masuk akal juga kalo gue pikir - pikir.

Padahal kalo megang hp apa sih yang di buka? Ya medsos. Tapi juga itu - itu aja gitu loh. Paling buka Line, liat chat yang sekiranya perlu di bales cepet ya di bales. Buka Instagram ngeliat snapgram orang orang, nge-scroll home sampe bawah - bawah, bahkan gue sampe sering nge like foto orang dua kali sangking ga nyadarnya gue udah scroll home sebelumnya. Path udah sepi sekarang. Twitter udah mulai rame lagi, tapi gue kikuk setiap kali mau ngetweet. Bingung mau ngomong apa. WhatsApp nggak ada yang ngomong karena emang isinya keluarga doang (ini kayaknya hampir semua orang kayak gini ya xD). Itu doang medsos yang gue akses. Itu - itu juga yang gue buka setiap kali megang hp. Tapi yang jadi pertanyaan adalah, kenapa betah aje gua megang hp terus kalo yang di buka itu itu aja? Aneh kan. Emang ada sihirnya tuh.

Kadang tuh gue kangen loh masa masa dimana hp tuh cuma punya fitur sms dan telpon. Kalo di pikir - pikir, dulu mana pernah gue beli pulsa kepikiran buat ngaktifin paket internet. Gue mah dulu beli pulsa pasti buat sms-an. Semua orang gue sms. Sodara gue lah, temen sekolah gue, bokap nyokap juga ikutan gue sms. Karna sangking noraknya dulu baru di kasih hp jadi ya gitu deh. Setiap kali di kasih uang 10.000 gue abisin buat beli pulsa. Trus norak banget gunta ganti provider nyobain ini itu nyari yang paling murah. Sekalinya muraah bgt sinyalnya bapuk trus gue ganti lagi. Trus dulu gue nggak pernah mau telpon karena mahal, kalo di telpon baru mau wakakaka.

Gue kangen juga masa - masa di mana sms dan telpon tuh cuma satu satunya jalan di fitur hp buat ngehubungin orang lain. Sekarang kan, medsos fiturnya banyak banget ya. Dan beragam banget. Kadang gue suka merasa overwhelmed gitu loh. Jadi ada saatnya gue ngapus medsos apa, kalo udah merasa terlalu terganggu. Liburan kemarin gue ngapus aplikasi Line, trus semua gue alihin ke WhatsApp. Line emang berpengaruh besar banget sih, terutama di Asia. Pemakaiannya paling besar di Asia ya, kalo nggak salah. Keliatan sih jaman sekarang orang mana yang nggak punya Line. Gue kalo udah capek sendiri buka aplikasinya aja males.. jadi pas liburan kemarin gue apus tuh sekalian ngurangin memori. Pas masuk semesteran, gue baru install lagi deh.

Rencana gue malah pas liburan semesteran kemarin, pengen matiin hp trus pake hp lama nyokap gue. Yang emang cuma bisa buat sms sama telpon doang. Alesan utamanya mungkin karena terlalu sering main medsos ya, jadi kadang suka ada pengaruh - pengaruh yang gue mencoba untuk saring biar nggak ngefek ke gue. Trus di sisi lain, gue merasa ketika gue sedang berusaha menikmati momen, gangguan notifikasi di hp dan apapun yang sedang terjadi di medsos selalu terngiang - ngiang di kepala gue. Jadi jatohnya, gue nggak bisa sepenuhnya menikmati momen. Padahal jaman dulu, setiap kali gue lagi main kemana dan sama siapa, itu berasa banget senengnya. Paling foto sekali dua kali. Nggak kenal jaman - jamannya update sana sini. Atau liatin story orang. Makanya gue sekarang lebih berusaha terutama saat menikmati momen, gue bener - bener nikmatin. Ya boleh lah manfaatin gadget, foto - foto, update sekali dua kali. Tapi abis itu udah. Jangan balesin ini itu dulu. Medsos kalo perlu log out. Mungkin dengan begitu baru bisa nikmatin momen.

Kalo diliat - liat sih, namanya perkembangan zaman ya, jadi semuanya pun ikut berkembang. Terutama fitur di hp dan segalanya yang berhubungan dengan internet. Kita pun sebagai pengguna juga ikut berkembang. Cuma kadang, gue berpendapat bahwa ada jeda yang perlu dimiliki oleh kita pengguna media sosial untuk sekiranya kasih "istirahat" untuk (terutama) mata, pikiran, dan dua ibu jari hehehe. Gue juga baru nyoba sih, untuk ngurangin pemakaian hp ketika lagi main sama temen - temen. Kemarin waktu ke Malang, gue berusaha untuk menikmati setiap momen yang gue habiskan di sana. Sampe ketika gue balik ke Jogja, ada temen buka galeri foto di hp gue dan nanya, "Ini foto - fotomu kemarin di Malang? Kok sedikit?"

"Karena aku berusaha nikmatin momen." :)

0 komentar:



Posting Komentar